Anugerah 1st Winner Lomba Poster Manfaat Pajak 2009

8 11 2009

Alhamdulillah hirobbil ‘alamin, satu-satunya ucapan puji syukur yang sepertinya harus saya ucapkan dengan penuh kesungguhan diri dan dari hati paling dalam.tanpa karunia dan ridlonya prestasi ini tidak akan dapat diraih dengan mudah.

"senyum bahagia irwan fahmy"

tersenyum bahagia lomba poster pajak

Anugerah ini juga tidak terlepas dari dukungan temen-temen dan beberapa pihak yang terhubung secara langsung maupun tidak langsung. Berikut catatan perjalanan dari awal hingga akhir, gejolak dan rasa yang kami derita, halangan dan rintangan yang kami terjang, usaha dan perjuangan yang kami lalui, pengalaman dan pelajaran yang tidak terlupakan, rasa syukur yang harus sealu terlantunkan.yang mungkin bisa menjadi bacaan  ,hiburan terlebih menjadi hal yang bermanfaat bagi kita semua

Vega R sebagai kontributor utama, dalam hal ini temen yang rela memijamkan kamera sony alpha 300 nya dengan lapang dada untuk dibawa hunting dan merealisasikan konsep yang ada dibenak, Setyo bayu A yang setia menemani eksekusi konsep serta memberikan masukan-masukan segar berupa kata-kata penuh makna,bu kos yang sudah menyiapkan segala properti (topi warna merah SD dan biru SMP) dan caping yang biasanya digunakan petani, perjuangan terlalu panjang dituliskan dalam memperolehnya dari petualangan berjam jam hingga rekruitment partisipan partai baru dengan blocking logo dan warna koorporat di seluruh permukaan capingnnya.huff , hingga akhirnya menemukan caping dengan kondisi yang sudah tua dimakan usia dan cuaca yang bisa membuat terciptanya konsep lebih mengena dan bernuansa. tidak lupa my personal supported Irza nova wiweka as dudud , contributor for my heart nutrition, yang penuh support dan dukungan setiap hari untuk lebih bersemangad :). dan teman-teman lainnya yang terlalu banyak jika disebutkan satu persatu .

Sampai pada waktu pengumpulan karya yang seharusnya ditujukan ke kantor pajak wilayah jawa timur III di jalan letjen S parman no 100 , tapi nyasar ke kantor pajak di dekat polres malang huff, namun untung ada backlink yang mengarahkan kami menuju kantor sebenarnya 😀 di kantor pajak pun kami masih mengalami kejadian-kejadian yang menguras keringat dan tenaga seperti naik tangga dari lantai satu hingga tiga (padahal tersedia lift yang beberapa detik saja sudah sampai ) penggunaan finger print untuk membuka pintu antar ruangan yang jelas-jelas kami tidak punya akses buat itu, namun tetap memaksa untuk membukanya, hingga terjepit oleh pintu lift setelah berusaha naek lift dan meninggalkan berjalan melewati tangga. huff hingga akhirnya sampai diruangan yang sejuk dan padat akan pegawai pemerintahan dengan setelan yang berbeda. kami disambut oleh panitia pajak expo 2009 , poster diterima dan di cek satu persatu persyaratan yang diminta, sampai pada giliran poster saya, hal yang membuat sedikit tersenyum mengobati tenaga yang terkuras sebelumnya, sang panitia bilang “posternya bagus mas, fotonya keren” kurang lebih seperti itu , dan hanya saya balas dengan senyuman dan ucapan terima kasih , 🙂 , setidaknya keluar dari kantor misterius ini dengan senyum manis dan optimis 😀 sampai akhirnya bebebrapa hari kemudian saya ditelfon nomer yang tidak saya kenal, yang mengaku dari direktorat jendral pajak , memberitahukan bahwa saya masuk sebagai finalis dan karya saya tampilkan di pameran di MATOS , bahagia sekali rasanya 😀 Rasa berdebar tidak berhenti disitu saja, puncaknya ketika hari pengumuman, Minggu 25 Oktober 2009 saya , bayu, dan doni dari jam 3 sore sudah berada di lokasi , karena kami membawa kebiasaan di Universitas Ma Chung, harus tepat waktu ! , 1 jam berlalu,,,acara masih diisi oleh lomba paduan suara , hingga doni salah satu dari kami menanyakan pada panitia, sampai akhirnya kami disodori for registrasi, dan diberitahu bahwa pengumunan untuk pemenang komik (untuk doni) pada pukul 17.00 dan poster pada jam 19.00 , huff ,,mengela nafas panjang..baiklah,,,masih ada waktu satu jam lagi sampai pukul pengumuman pemenang komik, kami sholat asyar terlebih dahulu di mushola yang sempit dan tidak terlalu bersih.

Selesai sholat, doa masih terus digencarkan, ditujukan kepadaNYa , mesk tergesa-gesa karena paksaan harus cepat keluar dari mushoa karena ada banyak orang yang antri dibelakang kami. jarum jam tepat menunjukkan pukul 16.50 , kami bergegas menuju tempat expo diadakan, menunggu pembawa acara mengumumkan pemenang komik, dan yah..sampai lebih 30 menit berdiri, tidak ada indikasi akan diumumkan. Hingga waktu sholat magrib tiba, kami segera menuju mushola yang sama ketika kami sholat asyar. suasana lebih padat, untuk wudlu saja kami harus mengantri setidaknya selama beberapa menit, dengan lantai pijakan yang kotor karena air bercampur kotoran. Selesai sholat magrib doa masih dipanjatkan dengan penuh keseriusan , memohon untuk mendapatkan yang terbaik, kalopun tidak menjadi pemenang , saya bisa lapang dada dan ikhlas menerimanya. Kali ini lebih tergesa-gesa lagidoa belum semua di ucapkan , puluhan orang sudah mengantri untuk menempati posisi kami sholat, karena memang tempatnya sangat sempit, seper xxxx meter luas mall ini.

capek berdiri

duduk bersama melepas penat

30 menit kemudian kami kembali ke arena expo dengan wajah yang kembali segar dan berseri karena efek air wudlu, setidaknya tidak suntuk menunggu mc membacakan pengumuman pemenang, 1 jam berlalu, paduan suara masih memenuhi panggung, 2 jam berlalu tidak ada perubahan, teriakan mereka semakin lantang, yah karena memang mereka juga sedang berlomba, beberapa kali kami menuju tempat dimana karya kami dipamerkan dibawah lampu yang berpijar, yang membuat karya saya semakin bersinar, sedikit tertolong karena hasil cetakan yang tidak terlalu enak dipandang. Tatapan penuh harapan sering dicurahkan ke karya kami masing-masing, dipandang dari berbagai sudut, untuk memaksakan mendapat keindahan. hingga bosan karena berjam-jam melakukan hal sama.sampai akhirya semua peserta lomba paduan suara melantunkan suara merdunya. mc akan segera mengumumkan pemenang lomba-lomba lainnya seperti , animasi, film pendek, komik, lomba menggambar, dan poster tentunya. senyuman sudah muncul dari wajah kami, setidaknya senyuman harapan penantian panjang ini.

Waktu yang kami tunggu-tunggu, terutama doni. Pemenang lomba komik…juara harapan II..kami semuasudah berdebar mengharapkan karyanya lolos, karena memang menurut kami bagus dari segi konten dan gambar, teryata namanya tidak disebutkan. Juara harapan I..juara III..semakin berdebar kencang hati ini, melihat doni juga penuh harap, dan badannya sedikit memanas..juara II..hmmm..juara I,,,apakah namanya muncul..

dan ternyata tidak, namanya tidak diucapkan oleh pembawa acara,,,saya pribadi sedikit sedih, disamping pasukan paduan suara dari Universitas kami juga tidak masuk final, raut wajahnya yang juga sedikit kecewa, tapi sepertinya ilmu lapang dada dia sudah cukup tinggi, dia menanggapinya dengan senyuman khas..lebar banged 😀 , dan kami tidak henti-hentinya memberi semangat dia.

Saya , bayu dan Vega semakin penasaran, kapan untuk poster diumumkan, rasa itu semakin meninggi karena ternyata ada penampilan BAND indie yang rencananya akan menyanyikan 3 lagu, berapa lama lagi kami akan menunggu, gumam kami, setyo, bayu, anas , angga , vega, doni, dan jon kembali seperti sebelmnya, duduk didepan toko, meluruskan kaki yang sudah lama berdiri.tapi mata saya tertuju pada kaos polo yang bertuliskan KASKUS The Largest Indonesian Community, komunitas dimana saya dapat menimba banyak ilmu, saya kemudian memberanikan diri dengan menegur dan menyapa orang itu, ternyata benar, dia adalah kaskuser yang IDnya pernah saya tau di dunia Maya – KASKUS , begitu juga dia, mengerti ID saya, namun itulah dunia maya, kita tidak pernah tatap muka sebelumnya.

Tiga lagu sudah didengangkan oleh BAND indie tadi, ternyata BAND itu adalah sahabat lama kaskuser yang saya temui tadi,hmmm, sampai akhirnya MC kembali ke tengah panggung dan mengucapkan kalimat yang kami tunggu-tunggu.Pengumuman pemenang Lomba Expo pajak 2009..huff,,,tidak seperti tadii ketika pengumuman pemenang komik, hati rasanya biasa saja, tidak ada rasa grogi dan penuh harapan, semua sudah saya serahkan padaNYa, namun memang kaki hampir mati rasa karena berdiri beberapa jam. juara harapan II..semakin penasaran siapa nama yang muncul..saya melihat vega dan bayu juga biasa saja, meski agak gugup, terlihat dari tangan mereka bergabung seperti berdoa , juara harapan I..juara III..MC semakin lantang meneriakkan nama-nama pemenang,,,sampai posisi juara III, tidak satupun nama kami muncul,,,Juara II..huff,,sejauh ini tidak ada nama kami , sekarang saya sudah benar-benar menyerahkan semuanya, sudah menempatkan hati saya buat ikhlas , karena sisa juara I yang belum disebutkan, saya melirik bayu dan saya optimis nama dia yang akan disebutkan. karena memang dari segi content, teknik, maksud, dan tujuan poster, menurut saya karyanya adalah yang paling bagus dari 9 lainnya. Saya tidak fokus dengan pembawa acara, saya hanya melantunkan doa dan menunduk dengan senyuman, sampai akhirnya saya dikagetkan dengan teman-teman yang menengang saya erat, menyalami, memukul, mengacak-ngacak rambut , karena ternyata nama saya yang disebutkan oleh pembawa acara menduduki juara I lomba poster ini , memang saya sedikit mendengar pembawa acara menyebutkan nama saya dengan salah dan ragu..ikh..ikhwan,,irwan..! muncul senyuman bahagia dari wajah yang sudah sangat capek ini Saya menuju panggung berkumpul dengan para pemenang lainnya.teman-teman lainnya disisi kiri panggung bersorak dengan sangat keras karena salah satu dari kami ada yang nyantol,yaitu saya. masih tidak percaya saya berada di panggung ini dengan para pemenang lainnya, terutama pemenang Juara dua yang menyalami saya dengan erat, dan ternyata saya cari informasi bahwa dia ternyata juga adik tingkatt di Universitas Ma Chung, dan juga di SMK Telkom, tempat saya menuntut ilmu sebelum kuliah. Pegawai pajak selaku panitia entah apa itu jabatannya secara simbolis menyerahkan papan bertuliskan juara I lomba poster pajak, dan kamera vega terus mengikuti gerak saya , diabadikannya raut muka bahagia dan sedikit rasa tidak percaya ini.

Terlintas juga kamera-kamera bopong yang bertuliskan nama TV swasta lokal,dimana setelah saya turun dari panggung dan kembali diberi tindakan fisik oleh teman-teman ternyata tadi itu memang disiarkan secara langsung oleh TV swasta yang bersangkutan, pesan singkat dari teman-teman lainnya yang ada diruah dan ternyata menyaksikan acara ini, dan juga mengucapkan selamat , serta tidak lupa minta traktiran 😀

Anugrah Penglaman kali ini sungguh tidak terlupakan, banyak hal yang didapat, dari semangat untuk datang terlalu dini menghadiri acara, mengisi waktu luang dalam menunggu (5 jam ) , sholat yang tidak khusuk, dan pola penentuan juara oleh dewan juri lomba komik, foto, dan poster , ternyata “directional-oriented”perspective , “tidak suka” yang “undirectional” atau“out from the box” yang sering kami gunakan sebagai acuan . terlihat pada pemenang-pemenang yang keluar, juga referensi acara ini tahun kemarin dalam lomba foto. dan terutama pengalaman untuk selalu meningkatkan diri mendekat dan memohon kepadaNYA , berikhtiar , tawakkal , dan akhirnya harus berserah diri. akhir kata terima kasih teman-teman semuanya dan beberapa pihak yang telah mendukung baik langsung dan tidak langsung. mohon maaf kalo ada beberapa nama yang tidak disebutkan, perjuangan dan doa dibutuhkan, selebihnya hanya berserah padaNYA.

alhamdulillah dirobbil ‘alamin

YA RAHMAN YA RAHIM

orang bijak bayar pajak;)


Actions

Information

15 responses

9 11 2009
Mr. Fightto

LUAR BIASA !!!

Congratulation lagi bro…

Pertama kali nih nginjakkan kaki ke blog nih… baru tau … anyway …. Selamat atas pengalaman baru menajdi juara… satu langkah lagi menuju sukses.. Maju terus bro..

oh iya,bisa tambahin blogku yg baru mr.fightto.net di blogrollnya … hehehehe 😀

Salam SUKSES dan LUAR BIASA,

9 11 2009
famtaro

hehe
terima kasih bro
termasuk bimbingan dan motivasi dari km .

masih butuh banyak bimbingan lagi niy
bloging,photography,etc 😀

ok, nanti ditambah, 🙂

10 11 2009
aTHo

Sama” bro …

senang bisa liat teman” bisa SUKSES .
sama kok,masih sama” belajar. Yang penting bisa saling berbagi ilmu… oke hehehe

Salam SUKSES dan LUAR BIASA

10 11 2009
Mr. Fightto

Sama” bro …

senang bisa liat teman” bisa SUKSES .
sama kok,masih sama” belajar. Yang penting bisa saling berbagi ilmu… oke hehehe

Salam SUKSES dan LUAR BIAS

10 11 2009
ardany

非常好!!

你很厉害.. 🙂

10 11 2009
famtaro

ni ye hen feichang hao pengyou
* wah g muncul hanzi nya..-.-“

11 11 2009
bukan facebook

wah mantab…mantab….selamat atas kemenangannya.. 😀

11 11 2009
famtaro

hehe terima kasih bro atas ucapannya 🙂

12 11 2009
Lomba Foto Wajah Pendidikan Indonesia – Pocari Sweat « irwan fahmy ≈ famtaro's corner

[…] kompetisi kali ini juga bisa mendapatkan anugerah , kritik dan saran diterima dengan senang hati dan semoga karya ini dapat bermanfaat […]

12 11 2009
kusmayanty

wahh keren2.. congratz!
smoga bisa terus berkarya

13 11 2009
famtaro

terima kasih sis kummara
amien . 🙂

21 11 2009
uMy

wah selamat mas fahmy…jadi pengin lyat gambar poster juaranya =)

22 11 2009
famtaro

hehe
terima kasih umy
mungkin bisa dilihat poster pendidikan 😀

25 11 2009
adamroz

Selamat ya mik..

aku segera nyusul..okey!!

25 11 2009
famtaro

makasih dam,
aq tunggu lho ya 😉

Leave a comment